BIMBINGAN USAHA DAN PELATIHAN PEMBUATAN SUMPIA KERING DAN TEKWAN

Rabu, 08 Juni 2022 07:07    Administrator    44 kali.

BIMBINGAN USAHA DAN PELATIHAN PEMBUATAN SUMPIA KERING DAN TEKWAN
Rabu, 08 Juni 2022 07:07 - Administrator 44

BIMBINGAN USAHA DAN PELATIHAN PEMBUATAN SUMPIA KERING DAN TEKWAN

PEKALONGAN, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan bersama dengan UPTD Technopark Perikanan pada Selasa (24/5) kembali menyelenggarakan bimbingan usaha dan pelatihan pembuatan olahan ikan. Jenis olahan ikan kali ini yang akan dilakukan pelatihan adalah sumpia kering dan tekwan. Bimbingan usaha dan pelatihan ini yang semula akan dilaksanakan di Gedung Technopark Perikanan dipindah ke Gedung PKK Kota Pekalongan karena kondisi akses menuju Gedung Technopark Perikanan yang masih terendam air rob. Pelatihan ini dilakukan mulai pukul 8 pagi dan berakhir pada pukul 1 siang. Acara pelatihan dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing kelurahan dan kecamatan yang ada di Kota Pekalongan serta pejabat dari Technopark, Dinas Kelautan dan Perikanan serta PKK. Acara pelatihan ini merupakan bentuk sinergitas antara TP PKK Kota Pekalongan Pokja III dengan Technopark Perikanan DKP Kota Pekalongan.

 

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK, kemudian sambutan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dan acara dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekalongan yaitu Hj. Inggit Soraya, S.Sn (Ibu Walikota Pekalongan). Bapak Drs. Sugiyo selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pekalongan dalam pengarahannya menyampaikan kebijakan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan yang dikelola oleh Technopark Perikanan Kota Pekalongan memprogramkan diversifikasi usaha perikanan melalui inovasi olahan ikan. Selanjutnya Bapak Drs. Sugiyo menyampaikan bahwa potensi perikanan di Pekalongan cukup tinggi dengan produksi perikanan 13000 ton sampai 15000 ton setiap tahunnya, namun tingginya produksi perikanan ini tidak diimbangi dengan tingkat konsumsi ikan yang masih rendah dibanding tingkat konsumsi ikan di  Provinsi Jawa Tengah. Tingkat konsumsi ikan di Pekalongan saat ini adalah 32 kg/kapita/tahun sedangkkan tingkat konsumsi ikan Provinsi Jawa Tengah adalah 34 kg/kapita/tahun.

Harapan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pekalongan dengan adanya pelatihan ini mampu meningkatkan tingkat konsumsi ikan di Kota Pekalongan, mampu menambah variasi masakan di rumah tangga sehingga anak-anak mulai gemar mengonsumsi olahan ikan. Meningkatkan konsumsi ikan pada anak diharapkan juga mampu meningkatkan tingkat kecerdasan pada anak, karena kandungan omega 3 yang cukup tinggi pada ikan mampu meningkatkan kemampuan kerja otak. Selain itu, diharapkan dengan adanya pelatihan dan bimbingan usaha ini, ibu-ibu rumah tangga dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga dengan menjual hasil olahan ikan ini.

Pelatihan sumpia kering disampaikan oleh ibu Yuni dari Ramysa Food. Sumpia kering berasal dari olahan udang ebi ataupun rebon yang dijadikan abon terlebih dahulu dan kemudian dibungkus dengan menggunakan kulit lumpia kering dan kemudian digoreng. Peserta dalam pelatihan sumpia ini terlihat antusias dan turut serta membantu dalam menggulung sumpia menjadi bentuk yang memanjang. Peserta juga banyak menanyakan terkait detail pembuatan dari sumpia. Sumpia yang sudah digoreng kemudian ditiriskan dan dinginkan untuk kemudian dimasukkan ke dalam wadah untuk dapat dinikmati bersama. Pelatihan pembuatan tekwan yang dilakukan oleh ibu Annisa dari Pempek Mumtaz berbahan dasar daging ikan tenggiri. Peserta juga terlihat begitu antusias karena ikut dalam mengaduk adonan tekwan dan memberikan beragam pertanyaan.

Dari peserta yang hadir mereka sangat ingin mencoba mengaplikasikan resep sumpia dan tekwan ini ke keluarga supaya mampu memberikan variasi cemilan untuk anak-anak mereka. Beberapa peserta juga terlihat tertarik untuk mencoba menjual olahan mereka untuk dapat membantu pendapatan keluarga.

Klik di sini untuk mengunduh sumpia kering.

Klik di sini untuk mengunduh tekwan.

 

hidden

© 2022 Technopark Perikanan Kota Pekalongan. Powered by BPPT